Oct 10, 2008

Pejuang ASI

Ternyata yah..mo ngasi ASIX tuh ga segampang yang gue duga!

waktu awal - awal baru hamil, baca2x milis, blog sampe site2 untuk ibu2, gue slaloe anggap remeh "halah gampang lah. nenenin doank masa susah sih!" tinggal tempelin yumi ke nenen aja trus dia tinggal sedot kan?? semua orang juga bisa toh! paling cuma antara asinya kluar ato ngga aja. kalo kluar yah tinggal tempelin, kalo ngga yah bo huat deh.

trus baca blog ibu2 yang kayaknya kog ribet bener sih. ngantor aja bawa segambreng bawaan buat mompa. meres aje pake tangan! tinggal pencet2 trus kluar kan?? di pikiran gue yah waktu itu, kayak meres susu sapi yang tinggal mencet trus crootttt kluar susunya wkakkakakakka

bahkan awalnya, anjuran si nat yang suruh gue join milis asiforbaby sempet gue anggap remeh. gue emang join, tapi trus kluar lagi saking banyaknya email yg masuk tiap ari. belom lagi gue yang masih amatir soal asi, bacanya makin mabok. akhirnya gue quit deh xixiixiix

gue inget waktu pas ngobrol ama nat di YM, dia ngotot mo ngasi asi tapi gue malah nanya dia beli sufor apa hahaha :D trus pake ngomong "lah kalo asi ga kluar masa loe ga stok sufor nat?" dan teuteup dia PD jaya bilang pasti keluar! dan kata2 nat itu yang tetep gue inget waktu gue kelar melahirkan dan sempet down karna asi lom kluar. dan itu juga yang gue balekin ke loe nat waktu loe stress asi belom kluar juga setelah lahiran. hahaha :)

tapi ternyata setelah bulan demi bulan, kandungan semakin gede, rasa sayang ke janin yang di rahim ini semakin dalam, gue mulai serius belajar soal pemberian asi ini. blog ibu2 yang dulu gue baca sepintas doank, sekarang mulai gue baca lebi mendalam. kumpul ilmu sebanyak - banyaknya buat persediaan saat praktek nantinya. dan tentu sajah, gue join lagi ke milis asiforbaby itu wkakkakak :D makin banyak yang gue baca, makin terpesona gue ama khasiat asi! ternyata Tuhan emang udah menciptakan makanan yang special buat tumbuh kembangangnya bayi. cuma sayangnya pengetahuan soal asi ini ngga terjangkau oleh semua ibu2x yah :)

baca blog2 ibu2 pejuang asi ituw bikin gue terharu. bahkan ada yang sering ke luar negeri utk dinas, sempet2nya mompa buat anaknya. ampe titip asip ke dapur hotel. takjub bow~! trus ada yang pramugari juga. yang kerjanya nyaris tiap saat berada di belahan dunia yang laen, tapi bisa ngasi ASIX buat anaknya! yang beginian nih, begitu baca, bikin motivasi tersendiri buat gue! thanks yak utk ibu2 yang uda share pengalamannya di blog2 kalian!! :D dan sejak itu lah gue optimis, dan yakin seyakin2nya kalo gue bisa ngasi asix juga buat yumi! toh Tuhan pasti ga milih kasih kan? Dia pasti udah sediain ASI yang berlimpah untuk tiap ibu agar bisa memberikan yang terbaik buat buah hatinya. ga perduli buat yang berdada segede pepaya ataupun yang dadanya rata bak papan pengilasan :D

perjuangan gue sendiri buat ngasi ASI ke yumi tuh ga gampang. secara semua lingkungan gue ga ada yang pro asi. dari mertua, bahkan mama gue sendiri loh! tapi yah kalo mama gue sendiri dia cuma ngomong "emangnya asi loe kluar banyak? cukup buat yumi?". ga kayak teror yang di kase mertua tiap hari dan tiap saat ~~;
dan jelas gue sempet stress karna awalnya asi yang ga kluar, sampe yang uda kluar tapi cuma seipritttt!! gue meres tuh awalnya pake breastpump manual avent tuh. di pinjem ama aso gue. tau cuma dapet brapa?? 10ml!!!! begitu liat hasil pompaan yang gue dapet, nah mulai deh mertua gue ngoceh2 hahaha *ketawa getir*
gue sendiri langsung down begitu ngeliat hasil pompaan gue. sempet lemah karna tekanan sana sini, trus ngasi yumi sufor. gue paling inget omongan mertua gue yang menohokkk banget boww "n*n*n gede kog ga ada isinya!". duhhh langsung jleb jleb ke jantung hahahahaha belom lagi omongan dia soal pu**ng gue yang kecil. jadinya bayi ga bisa isep, dan sejuta omongan lain yang bikin gue stressssss abis. cuma laki gue yang terus ngasi support kalo gue bisa ngasi asi ke yumi. meski kadang2 dia ada nanya "sebenarnya asi loe kluar banyak ga sih?". langsung gue pasang tampang juteQ deh kalo dia uda nanya begituan hahahha :P dan tau ga, tiap malem kelar nidurin yumi, gue slalu search internet buat baca2 tentang pejuang2 asi itu. biar gue bisa dapet motivasi dan bikin gue nyenyak tidur abis baca hahahaha

belom lagi soal pu**ng yang lecet2 dan di gigit ama yumi. wadohhh sakitnya nikmat benerrrrr wkakkakakkakaka ampe jejeritan deh tiap nenein. tapi maksa tetep nyusuin. kan kalah gue kalo nyerah ama sufor cuma gara2 lecet2 begini. maju terus dahhh. dan sukur deh dalam waktu seminggu sembuh total! malah jadinya kebal wakakkakak

dan yang namanya perjuangan tuh pasti selalu ada hasilnya kan? nah begitu juga yang gue dapet di akhirnya :D perlahan demi perlahan, hasil pompaan gue tambah banyak. dari 10 ml ke 30ml, trus ke 60ml, terus 80ml, sampe 200ml. yumi juga tiap bulan timbangannya naik ampe 1 1/2kg. badan dari kurus ampe montok kayak sekarank :D
tapi ocehan dari mertua ga putus! stock asi yang gue simpen untuk persediaan gue kerja nanti, mulai di ocehin. di bilang ga bagus untuk yumi kalo di simpen kelamaan. belom lagi waktu dia liad hasil asi yang setelah di angetin tuh warnanya jadi kuning butek. makin menjadi - jadi deh omelannya hahaha :D tapi yah secara sebelom cuti melahirkan abis itu gue uda di ocehin terus, lama2 kebal juga gue ama ocehannya. cuekin aja dahhh. mamanya yumi kan gue. yang nyusuin kan gue. yang siapin asi juga bs. sbodo amet dah. dan akhirnya laki gue sendiri yang ngocehin mamanya supaya ga usa ikut campur deh soal asi2-an. dan kalo gue sendiri pasti uda mikir demi kebaikan yumi. thanks buat suami gue yang akhirnya meredam ocehan mamanya. sejak saat itu, mertua gue uda mulai ga ambil pusing soal apa yang gue kasi ke yumi :D

akhirnya gue jadi seperti ibu2 yang sempet gue bilang ribet dengan bawaan segambreng tiap mo ngantor. tiap pagi musti nyiapin medela plus colokan nya tentu saja *pernah kelupaan bawa!*. trus botol kaca ama cooler bag dan ga lupa blue icenya. yah! gue jadi seperti itu sodara2!! hahaha :D

syukur ampe saat ini gue masi tetep megang prinsip gue kalo mo ngasi yumi asi ampe 6 bln. dan tentu saja meski mulai makanan padet, gue bakal tetep mompa asi untuk campurin ke bubur nantinya. moga2 abis lewat 6 bulan gue ngga males buat mompa yah! xD tinggal sebulan lagi nih perjuangan gue!! jujur, detik ini, gue lagi khawatir dengan hasil pompaan gue yang mulai menurun. padahal saat liburan kemaren, produksi asi lancar berhubung yumi nenen langsung terus. kelar liburan juga awal2 mompa masi banyak. eh kemarin kog mulai drop yah? kemarin 3x mompa di kantor gue cuma dapet 80ml!!! waduh..shock!! hati uda mulai kebat - kebit. di rumah musti mompa banyakan biat nutup buat besok!! gue ga ada stock lagi di rumah soalnya. cuma ada stock 2x100ml hasil perahan 2 hari yang lalu. itu juga ntah yumi mau apa kaga. secara ini anak kog centil yah milih2 ASIP. kalo ASIP yang udah lewat dari 2-3 hari, dia uda ga mau minum. malah di lepeh2in ama dia. apalagi ASIP yang minggu lalu? alhasil kemaren ini gue sempet buang ASIP 200ml gara2 dia ga mo minum. jadinya gue juga uda ga bisa stock asi!! nih anak ga mau ASIP lamaaaa!! ampun dah...keenakan waktu liburan dapetnya asi seger kayaknya? wkakakakkak padahal ASIP yang gue buang tuh ga bau, ga basi. uda gue icip2 juga. duh yumi.. ><;

postingan kali ini special gue tulis buat temen gue yang saat ini lagi menanti kelahiran anak ke 3-nya. kedua anaknya sebelomnya dia ngasi sufor secara katanya asinya ga kluar. biar kali ini dia bisa berjuang buat ngasi ASIX ke anaknya juga :D kan uda bela2in beli breastpump yang mahalnya ajubileh itu mar? kekekeke
temen gue yang 1 komplek perumahan ama gue juga akhirnya ngasi ASI ke anaknya gara2 waktu dia hamil, slaloe gue tekanin ngasi asi ke anaknya hahaha :D

gue juga mo ucapin thanks buat milis asiforbaby yang uda banyak membantu gue dan memberikan banyak pengetahuan buat gue dalam hal dunia per-asi-an ini deh :D
plus blog2 ibu2 yang banyak mengulas soal perjuangan mereka smua. dan temen seperjuangan kali ini yang lagi asi ke anaknya. cia yo yah!! :D

18 Comments:

At October 10, 2008 at 12:15 PM , Blogger Mommy Eldridge said...

duh, jd terharu n seneng nih kl ada temen seperjuangan, meski gw FTM tapi lg berjuang mompa ASI utk bubur nih. Yg biasanya asi bejibun kalo nyusuin lgs, eh dipompa malah dikit, jd deh gw skr rajin minum susu, sehari bisa 2 gelas, pdhl biasanya seminggu sekali :) plus makan banyak! kyk abis ngelahirin dulu, makannya porsi jumbo ^_^ peduli deh badan memuai lagi, yg penting asi banyak.
ayo semangat mei, banyak minum n makan deh!

 
At October 10, 2008 at 1:23 PM , Anonymous Anonymous said...

baca postingan lu ini gua sembari cengengesan sendiri mei, karena ngerasa elo tuh 'gua banget', hahaa..

gua juga dulu sebelon lahiran, selalu mikir, duhh apa iya sih seribet itu para pejuang ASIX ? tapi ternyata setelah ngalemin sendiri, oh ternyata baru tau rasanya gimana hahaha...

elo mending ngantor pp naik mobil mei, lha gua naik motor, berangkat 40 menit, pulang 1 jam dengan pundak kanan nenteng tas kantor dan pundak kiri nenteng peralatan perah memerah (sikat, sabun, botol UC 4 biji, botol medela, pompa, colokan, waslap, batre cadangan, cooler bag)sampe kalo nyampe rumah tuh pundak dan pantat rasanya mo pataah saking pegel pisaaann...

Milis asiforbaby emang membantu banyak yah mei, gua juga selalu racunin temen2 yg hamil untuk ikut milis itu, walaupun gw pembaca pasif doang tapi ilmu yg bisa ditimba disana banyak pisan..

tentang mertua, woo..gua tadi pagi aja masi ditanyain 'asinya masi cukup tah skrg?' kikikik, gua senyum2 ajalah, tus tentang puting, gw malah kebalikan lu, pernah dibilang wah putingnya kegedean tuh, jd avel susah masuk mulutnya...huahahahah...serba salah ya, puting kecil dikatain, gede dikatain..kikikik...

lu masi mending BS lu gak kepo, lha BS gua tuh serringgg banget komen soal asi gua, waktu awal2 apalagi, ketika gua cuman dapet 10ml atau 30ml, duuhh omongannya bener2 menjatuhkan gua banget...
tapi udalah, merem aja gua...

tentang asi yang uda diangetin jadi kuning butek, gw juga gitu kok mei, itu kan emang lemak2nya tuh..yg penting mah tata tertib penyimpanan asi bener, ya pokoke layak minumlah..

mudah2an yumi besok2nya uda mau lagi ya minum asip yang bbrp hr lalu...duh sayang2 bener asip mamanya dilepehin :(, secara nyarinya penuh perjuangan ya mei..gw juga nangis deh klo asi sampe dibuang2 gitu :((

terus terang, elu tuh salah satu penyemangat gua soal asi loh mei, secara lu kan lahiran duluan, gua selalu membatin, ah gua juga harus bisa kaya si mei2 nanti kalo uda lahiran :D

ayo semangat mei 1 bulan lagi lulus si yumi!
Nti kalo uda MPASI tetep harus asi buat campuran makanan2nya ya..

jangan kasih duit ke perusahaan sufor deh kalo bisa...! *halaaah ngomong lu naaatt bisa, si avel aja belon lulus asix kok* hahahahaha....


kita sama2 berjuang ya mei !!!

 
At October 10, 2008 at 1:33 PM , Anonymous Anonymous said...

Ngasih ASI itu lebih merepotkan drpd sufor.. ribet deh tiap hari musti bawa perlengkapan perang ke kantor blom lagi musti bangun tengah malem buat merah juga. Trus kalo nipple lagi lecet, perihnya minta ampun.

Tapi gw tetep memperjuangkan ASI buat clo karena ga ada sufor yang bisa ngalahin manfaat ASI. ASI is the best.

 
At October 10, 2008 at 1:39 PM , Blogger Windy said...

Kalau baca cerita elo, gw nyesel banget lho.. Waktu anak pertama, kurang "keukeuh" buat kasih ASI Ekslusif. Kalau liat hasil pompa yang cuma dikit langsung patah semangat.. AKhirnya Jac cuma sempet ASI 1,5 bulan, hiks..

Mudah2an buat anak ke-2, gw bisa sukses kasih ASIX kayak elu... *amin*

 
At October 10, 2008 at 1:45 PM , Blogger Unknown said...

kalo gue beruntung udah dapat temen2 di kantor yg udah duluan jadi pejuang ASI. soal mertua sih untungnya dia ga rese. semua tergantung gue sebagai mamanya dhika.

jadinya pas gue lahiran, gue udah bertekad kasih ASIX ke dhika. dan alhamdulilah bisa kasih ASI full ke dhika sampe umur 22 bulan.

kalo gue ga seribet kalian berdua tu perlengkapan perangnya. cm bawa botol susu yang gede,kantong plastik utk ASI dan spidol utk nulis tgl perah.

kalo mei pp kantor-rumah naik mobil,nat dianterin naik motor. nah gue bolak baliknya naik angkot. kalo ga macet, dr kantor ke rumah plg cepat 1.5 jam. lebih sering sampe rumah makan waktu 2 jam.

 
At October 10, 2008 at 3:16 PM , Blogger yhalim said...

bener deh, ngasih asi itu susah loh. dulu pas fang2 g kan masih buta samsek soal asi, jd gagal deh. abis itu baca2 cerita di milis sehat, jd bertekad ntar yg ke-2 mesti bisa. ga ada alasan untuk ga bisa, org aja ada yg putingnya masuk, bisa asi kok.

ternyata, yg ke-2 ga semudah itu, sakit, lecet, berdarah, hik hik deh.. untung byk temen yg semangatin, laki g jg mendukung, jd g bangkit lagi deh.. fiuh

semoga kita bisa asi terus ya mei. jia youuuuu :)

 
At October 10, 2008 at 3:19 PM , Blogger maryna roesdy said...

This comment has been removed by the author.

 
At October 10, 2008 at 3:19 PM , Blogger maryna roesdy said...

Ngasih asix emang perjuangan, even gw yang gak ngantorpun merasa cape apalagi elo yang ngantor. Selain cobaan fisik, masih ditambah cobaan mental. Mesti kuat lahir bathin dah!

Tapi emang LAYAK diperjuangkan.
Tetap semangat yah Mei!!!

btw, tolong email alamat kantor ke maryna_design@yahoo.com yah bu, tks.

 
At October 10, 2008 at 6:36 PM , Anonymous Anonymous said...

Tetep berjuang ya Mei sampe lulus ASIx, moga2 abis itu masih bisa ASI trus :)

 
At October 10, 2008 at 8:41 PM , Blogger Pucca said...

waduh..gua sih gak bisa kasih komen apa2, cuma ngakak pas denger omelan mertu lu mei, yang "n*n*n gede kog ga ada isinya!" wuahahaha :D
mestinya lu jawab mei "tapi anak lu suka kan" wakaka :D

 
At October 10, 2008 at 11:51 PM , Blogger Arman said...

emang kok susah. gua tau banget gimana perjuangannya... :)

salut buat semua ibu yang berhasil ASIX!
tapi semua pengorbanan dan perjuangan bakal terlihat hasilnya kok. anak lu bakal lebih sehat dari bayi formula! dijamin! :)

dan nanti orang2 yang mencibir bakal balik jadi memuji. tuh makanya bayi mesti dikasih asi.. biar gak gampang sakit. hehehe. biasalah orang2 kan pada munafik :P

 
At October 11, 2008 at 1:08 AM , Blogger Shanni said...

ASI emang yang terbaik ya Mei,gw juga pernah mengalami saat2 tak ada dukungan begitu. untungnya hubby menyemangati jadinya ya sampe sekarang gw masih bisa kasih ASI. salut deh gw sama elo dan temen2 pejuang ASI lain yang bener2 berjuang buat anak2 mereka, Yumi juga pasti berterimakasih banget sama perjuangan elo.

 
At October 11, 2008 at 1:57 AM , Blogger C said...

gw juga lg bingung mei, lanjut pa engga.
yumi beda 2 mingguan mah anak gw, gw bingung mo terusin ga abis 6 bulan.
anak gw ga gitu doyan rasa formula, udah gw kasih.
eh ntar jgn kaget abis 6 bulan, berat badan buat Asi baby, agak slow, kalo elo liat weight chart buat asi baby di kellymom.com, formula lebih gede.
anak asi lebih kurus---tapi sehat.
anak gw mau 6 bulan 2 minggu lagi, udah ga bnyk naiknya dari bulan2 sebelonnya, tapi uda 8.4 kilo.
~christie

 
At October 11, 2008 at 2:35 PM , Blogger MarvelLicia corner said...

bener mei.. kasi asi tuh susahhh... bukan buat yang working mom aja kok... dulu gua aja sebulan pertama ga bisa kasi asi karena marv sama sekali gak mau nyusu dari nipple... duh rasanya sedih banget... sampe dibela2in pake dot pigeon tuh tempelin ke nipple.. :D sakitnya minta ampun.. sayangnya abis 6 bulan marv dah gak mo lagi nyusu, ngamuk2 tiap nyusu.. karena udah kebiasaan pake dot & ASI gw juga udah menipis... dulunya sekali perah bisa dapet 120 - 150 ml, ehh belakangan sekali perah cuma 10ml hhihi... ya wes dah.. nyerah..

btw.. elo masi dapet info2 banyak soal breastfeeding mei... gw engga tuh dulu.. bener2 minim banget.. ditambah ga ada dukungan lagi... dan gak tau samasekali gimana caranya kasi ASI yang bener, secaranya gua gak tau di mana klinik laktasi di sini...
tapi sekarang suami gua juga udah mendukung loh.. gua udah bilang bolak balik.. pokoke anak ke 2 kudu bisa ASIX! :)

Jia you mei!

 
At October 11, 2008 at 4:24 PM , Blogger Mei Mei said...

mom eldridge : uda makan dan minum yg byk tuh. ampe ini badan kaga kurus2 abis lahiran wkkakaka di kantor aje minum 2 liter. uda kek gajah aje gue :D sama2 berjuank yak! :D

nat : mirip yak kita nat? wekekekeke
haha iya loe naek motor yak. kalo naik mobil isa lebi telad lg loe pulanknya. soal putink tau nih..kayak ne bayi2 kita aja ga komplen ya? ato karna mrk lom isa ngomong? LOL tp kek ne waktu nyusuin sih oce2 aja xxiixixi
wah gue semangatin elo nih crita ne? pdhal awal ne gue terpengaruh dr semangat elo ngasi asi :D
mari berjuank barenk nat! kasi yg terbaik buat anak2 kita yak :D

mama na clo : iyak betull!! asi emank yg terbaik buat bayi :D uda di siapin Tuhan gitu loh..sufor utk anak sapi donk yah :) piss buat ibu2 yg kasi anaknya sufor. itu terserah pendapat masink2 donk ya :)

jac mom : yg uda lewat gpp lah. kan masi kurank pengetahuan. ayok berusaha anak kedua bisa kasi asix! :D

limmy : enak deh kalo di kantor ada yg uda senior. di kantor gue mah smoa pada terbengong2 liad gue kerja ne meres2 molo wkakkaka ampe di gosipin sgala dan di panggil tukank susu sekarank. tp cuek aja dah. yg pentink kan anak gue sehat. gue ga perduli deh org mo omongin apa :D

yulia : semangat yak yul!! moga isa asi ampe 2 taon yaa :D pengen kayak limmy nihhh hehehhe

maryna : iyah! apa sih yg ga buat buah hati yak? hehehe btw alamat kantor utk apa mar?

felicia : thx fel

viol : iya yak. harus ne di jwb begitu hoiehioehioehoiehoiehoiheo ngaco loe ah viol xixix

arman : iya tuh. laki gue skg aja isa ngomong gitu. gara2 waktu libur dia sakid demam, flu, batuk, tp yumi tidur barenk dia jg ama serink di cium2, eh ga nular sama skali xixiixix :D

shanni : amin shannn :D

c : lanjut aja asinya. toh babynya jg ga demen sufor kan :) sayank dunk kalo asinya masi ada trus di anggurin :D ayok semangat!! heheh
iya nih yumi uda mo 5 bln uda aktif banget. bulan ini malah ga naik. pdhal biasanya naik 1-1 1/2kg

ari : gpp ri. yg pentink 6 blnnya uda lewat deh :D palink ga daya tahan tubuhnya pasti uda bagus kalo uda lewat masa2 rawannya kan ^^ gue ampe skg masi baca2 info soal breastfeeding. butuh penyemangat soalnya hahha jadi kalo uda mulai bosen meres di kantor, trus baca2 blog ibu2 yg ngasi asix, semangat lagi deh merahnya wakkakakak :D

 
At October 12, 2008 at 11:23 AM , Anonymous Anonymous said...

hmmm..baca postingan loe sama emak2 laen yang berjuang ngasi ASI.. gw jadi banyak belajar juga loh.... kudu banyak2 bertanya ama loe orang deh nanti ketika dah berumah tangga hehehe :)

 
At October 13, 2008 at 10:20 AM , Blogger Unknown said...

baca komennya arman gue jadi pengen kasih komentar nih.

sekarang ini gue lagi terkagum2 menyaksikan kehebatan bayi ASI dibanding bayi sufor.

Dhika yang ASI sampe 22 bulan dibanding sepupunya yang ASI campur sufor dari awal lahir (trus full sufor setelah 1 taon).

Belakangan ini Dhika jarang bgt sakit. Badan jg montok. Aktif bgt ga bisa diem.
Sedangkan sepupunya itu anakya sering sakit, alergian, dan bawaannya lemes.

Malahan ipar gue yang ngeliat Dhika aktif gitu memutuskan utk ikut jejak gue kasih ASI ke anaknya sampe 2 taon. Senang bgt gue pas dengernya.

 
At October 13, 2008 at 11:30 AM , Blogger Mei Mei said...

fun : di baca skg fun utk pengetahuan hhehhehe tp kayaknya kalo blm rasain, bakal males2an si bacanya. kayak gue dulu jg gitu xixiixi

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home