Jul 16, 2008

Manajemen ASIP

Tinggal 27 hari lagi gue bakal masuk kantor
bingung nih secara ampe detik ini, gue sama sekali belum stock asi!!!
abis yumi minumnya banyak bener! nenenin mulu aja uda pegel, abis meres ga lama dia nangis minta nyusu lagi makanya jadi bulet gitu, terpaksa yang baru di peres gue sodorin ke dia lagi..*sigh*
dan setelah yumi masuk 2 bulan, gue baru inget deh ama stock asi! GUE BELOM SIMPEN SEBOTOL PUNNN!!! ce me pan!! ><;
mulai hari ini mo stock sehari 1 botol pun ga papa deh...
secara kalo meres itu, paling banyak dapat di tengah malem, yumi juga kalo malem bangunnya cuma 2x, gue bakal ambil jam 12 buat meres terus simpen deh..moga sampe waktunya asip gue bakal cukup :o

trus gue juga rada pusing, abis kerja nanti, bagusnya merah brapa jem skali ya?
saat ini kan gue merah kalo ngerasa PD udah penuh. jadinya bisa 3 jem skali gituw kecuali kalo gue kebablasan molor!. di kantor tiap pagi ampe jem makan siank tuh gue selalu sibuQ banget. gue bingung gimana nyolong waktu buat meres nantinya. yah gue meres ga lama sih..palink 1/2 jem doank. tapi sempet ga ya? ><;
belum beli cool box lagi..jadi pesimis bisa terus kasi asi ke yumi ga selama sebulan kerja nanti :(

duh pusenQ!!!!

14 Comments:

At July 17, 2008 at 12:49 AM , Anonymous Anonymous said...

Dulu gw biar ga kerja, dibantu meres setelah 1-2 jam nyusuin Mei, emang dikit2 tapi sehari bisa kekumpul 1 botol tuh, lumayan kan :)
Jadinya kerja berapa lama trus resign Mei?

 
At July 17, 2008 at 8:55 AM , Blogger Mei Mei said...

felicia : waduh kalo cuma 1 jem setelah yumi nyusu sih dikit banget loh fel? kalo 2 jem kadank yumi malah uda nagih lagi wkakaka makanya tiap udah kelar meres, eh dia malah nagih jatah. terpaksa yg baru di peres kasi ke dia lagi deh --;
bukannya yg di peres beda jam ga bole di gabung?? gue baca sih ga bole di campur asinya. kerja sebulanan kali ya.

 
At July 17, 2008 at 9:39 AM , Anonymous Anonymous said...

hai..
salam kenal ya...
kalo boleh kasih saran, ASI hasil perahannya jangan dikasihin langsung ke baby, tapi disimpen aja. Kalo abis mompa trus baby minta nyusu, ya susuin langsung aja. Walopun kita berasa PD dah kosong abis dipompa, tapi ternyata enggak loh... soalnya mompa pake alat beda ma disusuin langsung. Kalo pake alat, walopun kita merasa ASI dah kosong, tapi pasti masih keluar deh kalo disusuin langsung. Beneran.. Gw dulu juga gitu.
Kalo mompa cuma dapet dikit, gapapa. Kumpulin aja. ASI bisa digabung dong, selama itu hasil perahan dalam 24 jam asal suhunya sama. Jadi kalo punya 20 ml, masukin kulkas aja. Mompa lagi, simpen lagi di kulkas. Setelah dinginnya sama, baru deh digabungin jadi satu botol. Sedikit demi sedikit, lama2 jadi banyak looohh...:)

 
At July 17, 2008 at 9:40 AM , Blogger Pitshu said...

Kek na ibu2 di kantor g meres na, sebelum makan sian dan sore deh sebelum pulang kantor gitu! wakakakak...

 
At July 17, 2008 at 4:27 PM , Blogger ferina said...

kalo aku, meres-nya tiap tiga jam sekali. pagi waktu dateng, sekitar jam 8, abis itu setelah makan siang (hehehe.. telat sih, tapi biar gak ngambil jatah kerja lebih banyak), terus yang ketiga, sebelum pulang kantor, sekitar jam 1/2 5. malemnya pas pulang, sampe rumah, meres lagi. lumayan, sehari bisa dapet sekitar 500ml.

jangan meres deket2 waktu kerja. takut gak kekejar kebutuhan yumi sama ASIP-nya.

 
At July 17, 2008 at 4:29 PM , Anonymous Anonymous said...

Ayooo semangat!!

di kantor mestinya pengetian kalo ada mom yang mo peres asi ... mungkin bisa 3 jem sekali juga, ngikutin jam nyusuin elu ke Yumi Mei.

Jangan jadi kendor yaa ... abisan, temen2 gue yang ngantor lagi setelah 3 bulan cuti, sebagian bilang males meres ... jadinya gag sampe 6 bulan dah stop asi deh :(

 
At July 17, 2008 at 4:52 PM , Blogger Windy said...

Halo Mei, salam kenal ya =), Yumi-nya lucuuu..

Eh, kalau habis peres ASI gitu, alatnya disterilin lagi nggak sih sebelum dipakai untuk perasan berikutnya?
Dulu gw capek bolak balik sterilin alat peras, mana ASInya cuma keluar dikit..

Kalau kamu ASI-nya lancar mah, kudu semangat atuh, ciayo!

 
At July 17, 2008 at 8:49 PM , Blogger Mei Mei said...

rien : hi. salam kenal jg ya. thx uda mampir ^^ gue pernah kayak gitu jg. abis meres, pas yumi mo nyusu, gue sodorin nenen. tapi karna baru di kluarin jadinya ga gitu deres kali ya? yumi ngamuQ2 deh ><; dia kalo uda ngamuQ serem sih. di sodorin nenen pun uda ga mao. nangis jerit2 ampe suara ga ada. huhuhu
eh bisa di gabung jadi 1 yah asi? wah thx info nya :D bole jg kalo gini hehhee

pitshu : wah kalo cuma meres 2x slama kerja sih mampus deh gue. itu PD uda keras kayak apa donk ya..sakid bow T_T

ferina : ow bisa dpt ampe 500ml yah. byk yaa. huhuhu gue takutnya stress di kantor malah pengaruh ke asi jadi dikid *pengalaman selaloe stress di kantor* HAHAHAH :D
gue mulai stock baru dari semalem :D hioehioehoe belom telat kali ya? xD

viol : kayaknya kantor gue ga ada yg pro asi deh? bisa2 gue di plototin karna nyolong waktu kerja utk meres asi. di kantor gue ga ada yg ngasi asi ke anaknya :( mrk ga bakal ngarti gimana sakitnya PD kalo penuh hiks..
biasanya byk yg abis 3 bln emank jadi kendor ya? aso gue jg gitu sih. padahal awalnya asi dia byk. skali meres bisa ampe 200ml lebih :( smoga gue ga kendor deh..><;

jac's mom : met kenal jg yah! gue slalu steril lagi alatnya tiap meres tuh. kan kotor yah kalo uda abis meres? yah bkn kotor gimana sih. tp kan bekas susu uda muncrat2 gitu di corongnya hahaha :D bukannya emank ada org yg awalnya asi cuma dikid yah? :) gue juga awalnya dikit..sempet down. tapi gara2 ikut milis asiforbaby, serasa di kasi semangat dan ga mo kalah ama moms yg laen. jadi terus deh ampe skg. dan alhamdulilah asi sekarank lumayan banyak :)

thx buat smya supportnya yah!

 
At July 17, 2008 at 10:52 PM , Anonymous Anonymous said...

Gw 1bln mulai stock.Betul Mei,gw jg paling melimpah pas tengah malam.Di kantor 2x pagi jam 10an sama sore jam 2an.Trus pulangnya nyusuin abis itu tengah malam bangun merah lagi.Capek bgt sih tapi nikmat kok...krn masa2 itu ga lama,so dinikmatin aja Mei :).
Btw Yumi skrg nyusu brp cc?Lu 1x perah dpt brp cc?

 
At July 18, 2008 at 8:09 AM , Anonymous Anonymous said...

Mei,
Ehm elo pernah ke www.kellymom.com ga?
Ini info ttg breastfeeding lengkap bgt.
Anyway, elo boleh kok campur asi yg lama ama yg baru dipump (asal dlm 24 hours period).
Gw di sini contact ama Lactation Certified, diajarin storage n handling breastmilk.
Elo bisa taruh di fridge same 8 hari, terus kalo elo mau bekuin, bisa sampe 3 bulan malah.
Ga tau di indo jual ga storage bag buat di freezer, di amrik sih ada.
Elo ke llli.org aja, ikutan forum gitu, kalo di sini kita malah bisa telpon org yg volunteer, buat support gitu.
Usahain pump at least every 3 hours pas elo balik kerja, kalo ga supply bisa turun.
Kalo elo malem bgn, pompa juga.
Gut luck ya!

 
At July 18, 2008 at 10:37 AM , Blogger yhalim said...

semoga lu sukses asi sambil kerja mei. pasti susah ya..

mei, lu ga coba merah pake tangan aja? cepet n ga repot cuci2 pompa gitu.. g waktu ke klinik laktasi jg dianjurkannya pake tangan.

jia you ya..

 
At July 18, 2008 at 3:42 PM , Anonymous Anonymous said...

waduh yang belon berpengalaman ga bole komen donk? hehehe :)

 
At July 18, 2008 at 3:45 PM , Blogger Yulian said...

aah no idea kalo soal ASI Mei. secara dulu gw gagal krn blom pengalaman, masih gaptek kaga tau bisa cari info ini itu di inet. temen2 juga blom byk yg merit dan punya anak wkt itu *alesan*

uda gitu tambah lagi gw cuti cuma bisa 2 bln.

cuma bisa ikut nyemangatin yah. jgn menyerah! usaha terus sampe titik asi penghabisan haha

 
At July 18, 2008 at 7:58 PM , Blogger Mei Mei said...

serenade78 : kalo uda kerja kek ne rada repot yah? secara gue kalo kurank tidur pasti ngantuk mulu di kantor :( gue ga tau yumi nyusu brapa cc. nempelin ke nenen sih kebykan. jadi ga bisa di ukur. kalo mlm gue dpt skali meres yah 120ml gitu. dikit sih..tp yah ok lah. musti di sukurin..toh jatah nyusu yumi skali minum cuma 80ml x)

christie : hi. met kenal yah! :) gue uda liad2 ke llli ama kellymom. duh eigo smoa ya. ga mudenk deh..LOL :P di indo ada jual tuh storage bag. yg lasinoh itu..tp mahal yak. cuma buat 1x pakai doank pan? gue pake botol kaca sih. pengen ke klinik laktasi juga. tp jao bener. ga tau tempatnya dimana lagi *sigh* ><;
thx yah info n sarannya! :)

yulia : hah? pake tgn? gue ga bisa merah pake tgn. hahaha pernah test. cuma kluar setetes2 :P itu ampe pegel gue peres, 10ml pun ga smape. wkakakakak pdhal kalo pake BP, gue cuma butuh wakt 20 min uda dpt 80ml xixixi

fun : hahaha baca2 fun buat ntarnya xD

yulian : hahah iyah semangat kasi asi sampe titik asi penghabisan yak. xiixixi moga bisa deh. gue juga takut jadi kendor gara2 ngantor hehehe

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home