Dec 18, 2008

MPASI Bulan Pertama

Berhubung kerjaan hampir kelar, borong deh nulisnya hahaha :D
cuma mo nge-data MPASI yumi selama sebulan kemaren

- Bubur tepung beras merah, cuma 1 sdt trus di campur ASI 20ml. biasanya abis. jarang2 deh ada sisa. dan sukurlah selama gue masakin, ga pernah bermasalah di perut dia hahaha
- Pure apel, di kupas trus di rebus, lalu di saring dan di campur ASI. abis juga
- Pure pear, di kukus, trus baru di kupas dan di saring. ga gue campur ASI kali ini berhubung pear aja airnya uda banyak. uda encer banget. abis dalam sekejab! yumi demen pear sepertinya. uda abis mulutnya masih nagih hihihi
- Pure pisang, di kerok langsung. dan yumi juga demen pisang. 1 pisang di makan abis ama dia. kecuali dalemnya yah. itu pan di buang hehehe mungkin karna selama hamil gue demen makan pisang, jadinya dia juga suka pisang :P
- Pure pepaya. mertua gue beliin pepaya hawaii. di parut langsung. hari pertama makan pepaya, dia ogah. di lepehin semua wkakaka hari ke 2 uda gue yg suapin, eh dia makan lahap :) xixixixi

rencana MPASI bulan ke 2, gue kemarin ini beliin dia Zucchini (ga tau mo di bikin apaan ini!! ampe skg masi di kulkas), Peach USA (ini mahal bener. 2 biji doank gue beli uda 26rb!!), ama jeruk baby jaffa.

kemarin mulai makan jeruk baby, eh dia ga demen. heran. padahal slama hamil gue makan banyak jeruk. sehari aja bisa 3-4 buah :P akhirnya jeruknya berakhir gue yang minum wkakakak rasanya agak tawar dan pait2 gitu sih. mungkin ini yg bikin dia ga mao ya? secara awalnya apel, pear, pepaya, pisank smuanya manis! <_<;
hari ini juga masi makan jeruk sih. ga tau deh di makan apa ngga ntar sore.

jadwal makannya juga uda gue tambah. yang biasanya cuma pagi jem 8 waktu 6 bulan. di minggu ke 3 nya gue tambahin jadi 2x. jadinya jem 8 pagi makan bubur susu, sore jem 5 makan buah. sekarang jadwalnya jem 8 pagi makan bubur susu, jem 12 bubur susu, sore jem 5 makan buah. makanan juga uda ga cair2 amet. uda agak gue bikin kenal sih ya. bubur susunya juga uda mulai gue kentalin. awalnya agak kental di lepehin ama dia. tapi sekarank uda oke2 aja :D

hm..masukan donk, zucchini bagusnya di apain? :D

12 Comments:

At December 18, 2008 at 1:46 PM , Anonymous Anonymous said...

kabocha aja dulu.. tinggal dikukus ampe lunak trus diancurin pake garpu, jadi dehh...

zucchini tuh yang bentuknya kayak timun jepang? ga pernah nyoba..

 
At December 18, 2008 at 3:48 PM , Anonymous Anonymous said...

*duduk manis menyimak*

 
At December 18, 2008 at 7:14 PM , Blogger Pucca said...

zucchini?? apaan tuh? :P

 
At December 18, 2008 at 7:51 PM , Blogger yhalim said...

zucchini apa ya mei. g jg ga tau.

kalo gue buahnya yg siang mei.. hihihi

lu mulai bubur pakai kaldu ayam kapan mei?

 
At December 19, 2008 at 8:19 AM , Blogger C said...

mei, kalo di amrik, pepaya tunggu umur 9-10 bulan lho.
terus kaldu tunggu 8 bulan, meat tunggu 10 bulan.
ini kalo menurut dokter amrik ya, buat hindarin alergy, kan perutnya masih belon mature.
malah jeruk juga tunggu 10 bulan, karena acid ya.
sekedar info n sharing nih.

 
At December 19, 2008 at 8:47 AM , Anonymous Anonymous said...

Axel juga kagak doyan jeruk baby tuh, Mei. Karena ada paitnya kali ya. Sekarang malah doyannya Pir campur Strawberry. Kalo jeruk, waktu itu akhirnya aku peres jeruk Sunkist yang Africa apaaa gitu, baru deh dia doyan. Sekarang kadang2 ga diperes, tapi aku potong pake piso kecil2, dikunyah terus ditelen gitu ajah.

 
At December 19, 2008 at 8:47 AM , Anonymous Anonymous said...

Axel juga kagak doyan jeruk baby tuh, Mei. Karena ada paitnya kali ya. Sekarang malah doyannya Pir campur Strawberry. Kalo jeruk, waktu itu akhirnya aku peres jeruk Sunkist yang Africa apaaa gitu, baru deh dia doyan. Sekarang kadang2 ga diperes, tapi aku potong pake piso kecil2, dikunyah terus ditelen gitu ajah.

 
At December 19, 2008 at 9:46 AM , Blogger Yulian said...

Si Jeslyn blom pernah gw kasi zucchini, Mei..jadi kaga tau gw :D
Dulu jaman 7 bulan-an si Jes dikasi air tajin tuh ama BS-nya :P
Gw dpt BS yg ok dan sayang ama si Jes, jadi malah gw yang blajar ama si BS.

Mei, mumpung gramedia grand indo lagi mo diskon 30% besok...gw rekomen beli buku resep-nya Tuti Soenardi, ada buat bayi, ada buat balita. Bagus2 deh!

 
At December 19, 2008 at 10:03 AM , Blogger somepathtoremember said...

Happy 7th months Yumi !
semoga tambah pinter dan sehat selalu :)
Yumi beruntung Mei punya mama setelaten dan sayang Yumi bgt spt lo :) (tapi emang hampir semua semua Ibu sayang koq ya ama anaknya)

Zucchini itu apa Mei? sejenis timun ato apa?

 
At December 19, 2008 at 2:26 PM , Blogger Unknown said...

clo mom : kabocha kmaren mo beli. tp yg ada kabocha segede gaban gitu. kapan abisnyaa. huhuh yg kecil lg kosonk dan ga jual yg potongan :(
zucchini yg kayak timun jepank gitu. kayak kyuri deh. tp kalo kyuri luarnya berjendol2 nah kalo zucchini yg luarnya mulus kek jalan tol xiixi

nat : *kasi jeruk skalian* kwkekkek

viol : itu tuu uda di jelasin di atas :D

yulia : nah loh kog byk yg ga tau zucchini yak? bubur kaldu gue tunggu 9/10 bulan yul. gue masi intip2 sih sebagian resep. kalo ga salah sih kaldu umur segitu.

c : hah? masa?? di resep yg gue ambil dari milis mpasi rumahan atau asiforbaby ya gue lupa, di tulis pepaya ama jeruk uda bole sih 7 bulanan :( :( ga bole ya??
kalo kaldu ama daging emank ga gue kasi dulu meski mertua maksa ngasi dagink. kata ne yumi uda ada gigi uda bole mkn dagink. hoeee gue ngotot ga mao wkakkak

axel mom : coba yg di kasi jeruk ponkam, kayak ne bakal demen kali ya? wklkekek kan manis :P

yulian : resep geu uda bejibun sih. hasil print dari internet hihihi :D tp tar coba gue liat dulu deh di gramed :D lagi diskon ya

somepathtoremember : ini sopo yak? hehe soal zucchini uda di jelasin di bagian atas :D
duh semua ortu pasti telaten n sayank anak ne ya :D

 
At December 19, 2008 at 4:38 PM , Anonymous Anonymous said...

Yg somepathtoremember itu Imeth :)

 
At December 22, 2008 at 2:04 PM , Blogger Mommy Axel said...

MAKARONI/MI + SAYUR
Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Vitamin A & C, Karbohidrat

Bahan:

1 genggam buncis, cuci bersih, potong ujungnya, buang serat di pinggirannya, potong-potong
½ cangkir wortel mini yang sudah dikupas

½ cangkir kacang polong

1 buah zucchini ukuran sedang, buang bijinya lalu potong-potong
1 cangkir macaroni/mi

Cara Membuat:

1. Kukus buncis dan wortel selama 5 menit.

2. Tambahkan kacang polong dan zucchini.

3. Kukus sampai semua bahan lunak.

4. Rebus macaroni/mi sampai lunak.

5. Haluskan/cincang semua bahan, tambahkan air sisa mengukus untuk mengencerkan.

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home